Cara dan Langkah Membuat Proposal Usaha Yang Baik - Proposal usaha menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi Anda yang sedang menjalani bisnis, membangun bisnis atau sedang dalam tahap perencanaan dalam membangun sebuah bisnis. Tertarik atau tidaknya investor untuk menanamkan modalnya ditentukan oleh proposal usaha yang dibuat.
1. Memudahkan Anda untuk menjelaskan kepada investor berhubungan dengan ide atau gagasan atau usaha yang sedang dijalani atau segera dijalani serta prospek ke depannya.
2. Proposal usaha dapat dijadikan sebagai media kontrol atau rujukan untuk mengawasi usaha yang dijalankan.
Berikut contoh membuat pendahuluan proposal usaha
Sebagian masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan memiliki mobilitas yang tinggi sehingga sulit sekali bagi mereka untuk mengatur pola makannya. Makanan instan menjadi solusi yang dipilih oleh masyarak untuk dikonsumsi setiap harinya, padahal seperti yang diketahui bahwa makanan cepat saji lebih banyak mengandung bahan kimia yang memberikan dampak buruk bagi tubuh dibandingkan dampak positifnya.
Melihat hal tersebut maka kami hadir memberikan solusi bagi masyarakat yang siap membantu masyarakat dalam menyediakan makanan yang terjamin kebersihannya, bebas dari bahan berbahaya dan tentu saja dengan cita rasa yang lezat dan harga yang ramah.
Dalam proposal usaha, penting bagi Anda untuk menjelaskan mengenai produk dan jenis produk yang akan dibuat, proses pembuatan dan keunggulan produk. Jangan lupa untuk menjelaskan sumber bahan baku dari produk tersebut.
Berikut contoh membuat produk proposal usaha
Misalnya ketika Anda membuka usaha cathering maka jelaskan mengenai jenis produk atau dalam hal ini adalah pelayanan apa saja yang ditawarkan seperti menyediakan makanan sehat dengan porsi makanan untuk empat orang dengan menu chinese food, western, Indonesia food dan menyediakan menu untuk para vegetarian yang terbuat dari bahan alami dimana sayuran sebagai bahan utama ditanam sendiri dan penanamannya terbebas dari pestisida sehingga aman untuk dikonsumsi.
Contoh proposal usaha untuk menetapkan target pasarnya
Misalnya usaha cathering memiliki segmentasi pasar yaitu masyarakat yang berasal dari kelas ekonomi menegah dan ke atas karena kedua kelas tersebut adalah masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi yang tidak memiliki cukup waktu untuk menyiapkan makanan sehat. Untuk target pemasarannya adalah para wanita berusi 24 tahun ke atas karena wanita yang seringkali bertanggung jawab dalam menyiapkan makanan setiap harinya.
Berikut contoh proposal usaha dalam membuat membuat strategi pemasaran
Karena usaha cathering memiliki segmentasi pasar kalangan menengah ke atas dan tentunya kalangan ini pasti menguasai media social maka selain melakukan pemasaran langsung dengan memberikan selebaran maka promosi juga dilakukan melalui media social yaitu Instagram. Instagram dipilih karena hampir semua masyarakat menggunakan Instagram dan apabila diperlukan membayar artis yang memiliki citra baik dimata masyarakat untuk mempromosikan produk.
Pengeluran berbicara mengenai jumlah yang harus Anda keluarkan setiap bulannya seperti tagihan listrik, keamanan, air dan sewa tempat apabila tempat yang digunakan adalah milik orang lain. Anda juga harus menjelaskan dengan detail misalnya seperti gaji karyawan maka Anda harus menjelaskan jumlah karyawan yang dimiliki serta jabatannya beserta gaji yang diperoleh oleh karyawan berdasarkan jabatan yang dimilikinya.
Pendapatan adalah jumlah yang diperoleh setiap bulannya baik itu melalui penjualan atau berasal dari pinjaman dari pihak lain. Meskipun proposal usaha dibuat untuk menarik minat investor agar mau menanamkan modalnya sebaiknya berikan angka yang masuk akal dalam pendapatan yang disesuaikan dengan perkembangan produk.
Keuntungan diperoleh dari pemasukan yang dikurangi dengan pengeluaran. Penting bagi Anda untuk mencantumkan dalam proposal usaha waktu yang diperlukan untuk mencapai break event point (BEP) yaitu waktu yang diperlukan untuk mengembalikan modal yang telah dikeluarkan.
Anda harus membuat sistematika proposal usaha yang disesuaikan dengan jenis usaha yang dijalankan karena terdapat beberapa aspek berbeda untuk jenis usaha tertentu dan mungkin tidak bisa dicantumkan dalam proposal usaha Anda.
Definisi Proposal Usaha
Proposal usaha atau sering disebut sebagai rancangan usaha yang disampaikan secara tertulis dengan menggunakan bahasa yang jelas dan singkat untuk diberikan kepada pihak lain yaitu calon investor yang akan menanamkan modal. Proposal usaha harus dibuat secara sistematik yang secara jelas mengambarkan keseluruhan aktivitas yang akan dilakukan beserta dengan rincian seperti kebutuhan asset dan perhitungan keuangan.Tujuan dari Proposal Usaha
Proposal usaha dibuat untuk merealisasikan sebuah peluang usaha yang profitable dan digunakan sebagai sarana untuk meyakinkan pihak investor mengenai kelayakan usaha dan peluang usaha yang akan dijalankan dimasa depan sehingga investor tertarik menanamkan modalnya. Semakin banyak investor yang menanamkan modalnya maka akan semakin berkembang usaha yang sedang dijalani.Manfaat Proposal Usaha
Banyak manfaat yang diperoleh dari pembuatan proposal usaha, diantaranya;1. Memudahkan Anda untuk menjelaskan kepada investor berhubungan dengan ide atau gagasan atau usaha yang sedang dijalani atau segera dijalani serta prospek ke depannya.
2. Proposal usaha dapat dijadikan sebagai media kontrol atau rujukan untuk mengawasi usaha yang dijalankan.
Langkah dan Contoh Penulisan Proposal Usaha
Proposal usaha dibuat dengan menggunakan alur serta pembahasan yang runtut dan jelas serta menggunakan bahasa yang atraktif dan mudah untuk dipahami oleh invenstro sehingga muksud dan tunjuan dapat dipahami dengan baik. Adapun sistematika dalam penulisan proposal usaha dan contoh penulisan proposal usaha kami adalah sebagai berikut;1. Pendahuluan
Pendahuluan menjelaskan mengenai latar belakang atau alasan Anda dalam membuka usaha tersebut. Untuk terlebih meyakinkan maka sebaiknya kaitkan antara situasi global yang sedang terjadi saat ini dengan latar belakang atau alasan dari usaha yang Anda bangun. Anda juga bisa memasukan beberapa data atau angka pendukung untuk memperkuat latar belakangnya beserta yang tentu saja sumber data harus berasal dari sumber terpercaya.Berikut contoh membuat pendahuluan proposal usaha
Sebagian masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan memiliki mobilitas yang tinggi sehingga sulit sekali bagi mereka untuk mengatur pola makannya. Makanan instan menjadi solusi yang dipilih oleh masyarak untuk dikonsumsi setiap harinya, padahal seperti yang diketahui bahwa makanan cepat saji lebih banyak mengandung bahan kimia yang memberikan dampak buruk bagi tubuh dibandingkan dampak positifnya.
Melihat hal tersebut maka kami hadir memberikan solusi bagi masyarakat yang siap membantu masyarakat dalam menyediakan makanan yang terjamin kebersihannya, bebas dari bahan berbahaya dan tentu saja dengan cita rasa yang lezat dan harga yang ramah.
2. Produk Perusahaan
Produk adalah unsur penting yang menentukan apakah perusahaan tersebut akan berkembang atau tidak dan hal tersebut ditentukan oleh jenis produk dan invovasi yang dilakukan. Semakin banyak masyarakat yang mengetahui dan menyukai produk tersebut maka dipastikan perusahaan tersebut akan semakin berkemabang namun dengan satu syarat yaitu dapat tetap bertahan dalam persaingan dan terus mengalami peningkatan.Dalam proposal usaha, penting bagi Anda untuk menjelaskan mengenai produk dan jenis produk yang akan dibuat, proses pembuatan dan keunggulan produk. Jangan lupa untuk menjelaskan sumber bahan baku dari produk tersebut.
Berikut contoh membuat produk proposal usaha
Misalnya ketika Anda membuka usaha cathering maka jelaskan mengenai jenis produk atau dalam hal ini adalah pelayanan apa saja yang ditawarkan seperti menyediakan makanan sehat dengan porsi makanan untuk empat orang dengan menu chinese food, western, Indonesia food dan menyediakan menu untuk para vegetarian yang terbuat dari bahan alami dimana sayuran sebagai bahan utama ditanam sendiri dan penanamannya terbebas dari pestisida sehingga aman untuk dikonsumsi.
3. Target Pasar
Hal selanjutnya yang tidak kalah penting adalah target pasar yang melingkupi segmentasi pasar dan target pemasaran. Segmentasi pasar berbicara mengenai kelas social mana yang Anda ditargetkan untuk menjadi konsumen. Pada umunya kelas social terbagi menjadi tiga golongan yaitu kelas ekonomi ke bawah, menegah atau ke atas. Setelah menetapkan target pasar maka selanjutnya adalah menentukan target pemasaran yang lebih spesifik dari segmentasi pasar.Contoh proposal usaha untuk menetapkan target pasarnya
Misalnya usaha cathering memiliki segmentasi pasar yaitu masyarakat yang berasal dari kelas ekonomi menegah dan ke atas karena kedua kelas tersebut adalah masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi yang tidak memiliki cukup waktu untuk menyiapkan makanan sehat. Untuk target pemasarannya adalah para wanita berusi 24 tahun ke atas karena wanita yang seringkali bertanggung jawab dalam menyiapkan makanan setiap harinya.
4. Pemasaran
Pemasaran adalah ujung tobak dari seluruh aktivitas usaha karena tanpa adanya pemasaran maka masyarakat tidak akan mengenal dan mengetahui produk yang ditawarkan. Strategi pemasaran dibuat berdasarkan segmentasi pasar dan target pemasaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Strategi pemasaran yang dibuat harus secara efektif dan efisien sesuai, menarik dan menjangkau calon konsumen.Berikut contoh proposal usaha dalam membuat membuat strategi pemasaran
Karena usaha cathering memiliki segmentasi pasar kalangan menengah ke atas dan tentunya kalangan ini pasti menguasai media social maka selain melakukan pemasaran langsung dengan memberikan selebaran maka promosi juga dilakukan melalui media social yaitu Instagram. Instagram dipilih karena hampir semua masyarakat menggunakan Instagram dan apabila diperlukan membayar artis yang memiliki citra baik dimata masyarakat untuk mempromosikan produk.
3. Laporan Keuangan
Keuangan adalah salah satu hal yang penting untuk menarik invenstor sehingga penting bagi Anda untuk menjelaskan secara terperinci alur pengeluaran, pendapatan dan keuntungan yang bisa diperoleh setiap bulannya.Pengeluran berbicara mengenai jumlah yang harus Anda keluarkan setiap bulannya seperti tagihan listrik, keamanan, air dan sewa tempat apabila tempat yang digunakan adalah milik orang lain. Anda juga harus menjelaskan dengan detail misalnya seperti gaji karyawan maka Anda harus menjelaskan jumlah karyawan yang dimiliki serta jabatannya beserta gaji yang diperoleh oleh karyawan berdasarkan jabatan yang dimilikinya.
Pendapatan adalah jumlah yang diperoleh setiap bulannya baik itu melalui penjualan atau berasal dari pinjaman dari pihak lain. Meskipun proposal usaha dibuat untuk menarik minat investor agar mau menanamkan modalnya sebaiknya berikan angka yang masuk akal dalam pendapatan yang disesuaikan dengan perkembangan produk.
Keuntungan diperoleh dari pemasukan yang dikurangi dengan pengeluaran. Penting bagi Anda untuk mencantumkan dalam proposal usaha waktu yang diperlukan untuk mencapai break event point (BEP) yaitu waktu yang diperlukan untuk mengembalikan modal yang telah dikeluarkan.
Anda harus membuat sistematika proposal usaha yang disesuaikan dengan jenis usaha yang dijalankan karena terdapat beberapa aspek berbeda untuk jenis usaha tertentu dan mungkin tidak bisa dicantumkan dalam proposal usaha Anda.