Situs kumpulan pengertian dan contoh artikel

Pengertian Variabel Penelitian, Ciri, Sifat dan Jenisnya

Pengertian Variabel Penelitian - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian variable penelitian, kalian pasti tidak asing mendengar kata penelitian. Penelitian merupakan proses dimana seseorang mencari tau informasi, asal usul, dan telah berapa lama benda itu ada. proses penelitian dengan system sistematis menggunakan metode ilmia dan mentaati atura-aturan pada metode yang ada.
Pengertian Variabel Penelitian, Ciri, Sifat dan Jenisnya


Pengertian variabel penelitian

Setelah kita mengetahui tentang arti penelitian sekarang kita akan membahasnya lebih dalam lagi, tentang apa itu variable penelitian. Variabel penelitian adalah suatu objek yang kan diteliti oleh seseorang peneliti untuk mengetahui mengenai informasi yang dibutuhkan, variabel sendiri sering disubut juga sebagai varian atas suatu objek penelitian. Variable penelitian ditentukan oleh landasan teoritisnya, dan diperkuat oleh penyataan dari hipotensinya. Oleh sebab itu apa bila landasan teoritisnya berbeda maka variable-variabel penelitian akan berbeda pula.
Suatu jumblah variable yang diteliti ditentukan oleh rancangan penelitian, maka bila rancangan yang disusun sedikit maka variabelnya pun juga sedikit.

Ciri-ciri variable penelitian

Variabel penelitian juga memiliki beberapa ciri-ciri, diantanya sebagai berikut:

1.Variabel merupakan pembeda antara satu objek dengan objek lain oleh sebab itu nilai variabel itu sendiri juga harus memiliki sebuah variasi.
2. Variabel memiliki karakteristik yang berbeda, kita ambil contoh seorang petani merupakan variabel yang kararteritisnya adalah petani, dianggap berbeda karena petani memiliki status keluarga yang berbeda, usia berbeda, dan sifat dan watak yang berbeda pula.
3. Suatu penelitian yang kuantitatif harus memiliki ukuran yang objektif, oleh sebab itu bariabel haruslah dapat diukur.
Itulah beberapa ciri-ciri yang dimiliki oleh sebuah fariabel penelitian

Sifat variable penelitian

Berikut merupakan sifat atau karakteristik sebuah variabel penelitian.

A. Variabel penelitian dinamis
Merupakan sebuah variable yang dapat diubah-ubah tempatnya dan karakternya. Variabel ini sering mengalami malipulasi, karena dapat diubah maka peneliti sering menggunakan variable ini sesuai dengan yang diinginkan, perubahan ini dapat mengalami suatu peningkatan bisa juga mengalami suatu penurunan, tergantung dari seorang peneliti itu sendiri.

B. Variabel penelitian stastis
Berbeda dengan variabel dinamis yang dapat diubah sifat variabel stastis ini lebih bersifat tetap atau tidak dapat diubah-ubah bahkan dipindahakan.
Seorang peneliti disini hanya dapat memilih dan penyeleksi saja.variabel ini juga dapat disebut sebagai variabel kuat karena tidak dapat diubah dan dipindahkan.

Jenis variabel penelitian

Berikut ini kami akan menjabarkan mengenai beberapa jenis variabel penelitian.

A. Variabel aktif adalah sebuah variabel yang bersifat bebas namun dimanipulasi, oleh karena itu variabel ini dapat menimbulkan sebuah perbedaan, dan pertentangan.

B. Variabel artribut adalah sebuah variabel yang sudah utuh dan tidak dapat dirubah sama sekali, variabel ini merupakan ciri chas utama dan masih asli hasil dari objek itu sendiri, contohnya: bakat, jenis kelamin status social dll.

Variabel aktif dan variabel atribut merupakan dua variabel yang bebas, bahkan dalam suatu kondisi tertentu variabel atribut dapat berubah menjadi variabel aktif. Ciri-ciri ini dapat membuat seorang peneliti meneliti objek yang sama namun menggunakan cara yang berbeda.

C. Variabel bebas adalah variabel yang dapat mempengaruhi adanya variabel terikat, variabel terikat atau sering juga disebut sebagai variabel output adalah sebuah variabel yang memiliki pengaruh dan akibat dari adanya variabel bebas, variabel ini tidak dapat dimanipulasi melainkan diteliti variasinya digunakan sebagai kesalahan yang masih belum ada kepastiaanya atau pradugakan berasal dari variabel bebas. Namun dalam sebuat eksperimen variabel bebas merupakan variabel yang dapat dimanipulasi juga.

Kegunaan fariabel penelitian
fariabel penelitian  memiliki kegunaan sebagai berikut:
a. Fariabel penelitian berguna sebagai tolak ukur yang dapat diamati secara langsung dalam suatu penelitian
b. Untuk mengumpulkan data-data dan alat yang akan digunakan sebagai bahan penelitian
c. Untuk proses mempersiapkan metode analisis sebagai penguji hipotensi
d. Fariabel penelitian harus di oprasikan dengan jelas agar tidak terjadi suatu kesalahan.

Hubungan antar variabel

Sebuah variabel memiliki keterkaitan, hubungan antar variabel dikelompokkan menjadi beberapa, hubungan variabel itu sendiri adalah:

1. Variabel terikat
Variabel terikat adalah fariabel yang menjadi factor utama dari adanya fariabel bebas, variabel ini memiliki beberapa variasi serta variabel terikat memiliki ketergantungan dengan jenis variabel lain. Contoh:  jika seorang guru akan menilai hasil ujian siswa, maka hasil nilai dipengaruhi oleh giat tidaknya siswa itu dalam belajar. Disini terlihat jelas adanya dua fariabel yaitu fariabel nilai siswa yang dipengaruhi oleh variabel rajin tidaknya siswa tersebut.

2. Variabel bebas
Variabel bebas merupakan variabel penyebab adanya perubahan yang terjadi pada variabel lain, variabel ini bertolak belakang dengan variabel terikat karena variabel bebas tidak memiliki ketergantungan dengan fariabel lainnya.

Pengertian variabel oleh para ahli

Berikut pengertian variabel yang diuraikan oleh beberapa ahli:
a. Menurut sugiono tahun 2009 variabel penelitian merupakan bentuk dari sebuah penelitian yang diteliti dan di pelajari sehingga akan adanya sebuah finising atau sebuah kesimpulan.
b. Menurut tia mutiara variabel penelitian adalah suatu penelitian namun juga menjadi pusat perhatian yang menarik, sehingga memiliki nilai dan ada pengaruhnya juga.
c. Menurut robbin pearson variabel penelitian adalah sebuah karakter suatu benda yang dapat diukur, dan diubah keluasaannya.
d. Menurut kerliger tahun 2006 variabel penelitiaan adalah sebuah bentuk yang memiliki nilai dimana nilai tersebut berfariasi, kita juga dapat menyebutnya sebagai lambang yang mendapatkan nilai tertentu.
e. Menurut pendapat suharsimi arikunto tahun 1988 pengertian fariabel penelitian adalah suatu objek yang menjadi sasaran oleh seorang peneliti, sebagai bahan untuk meneliti.
f. Menurut pendapat hadi variabel penelitian adalah sebuah variasi suatu bentuk yang akan diteliti seperti yang terjadi pada manusia objek variasi yang diteliti merupakan berapa usia mereka, sehat atau tidak, gemuk atau kurus, dan lain sebagainya.
g.  Menurut bagya waluya fariabel penelitian adalah sebuah konsep yang selalu diutamakan dalam sebuah proses menelitian atau mengeksperimen suatu objek.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai pengertian variabel penelitian, ciri-ciri,sifat, jenis, kriteria, kegunaan, hubungan antar variabel, dan terahir adalah pengertian variabel yang diungkapkan oleh beberapa ahli. Semoga bermanfaat
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Variabel Penelitian, Ciri, Sifat dan Jenisnya