Situs kumpulan pengertian dan contoh artikel

Pengertian katalog, Bentuk, Fungsi dan Jenisnya

Pengertian katalog - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai pengertian katalog, sejarah adanya katalog,bentuk katalog,jenis katalog, dan juga fungsi dari sebuah katalog.
Pengertian katalog, Bentuk, Fungsi dan Jenisnya

Pengertian katalog

Katalog adalah daftar sebuah koleksi yang berasal dari pusat dokumentasi atau dapat juga berasal dari beberapa pusat dokumentasi yang tersusun menurut sistem tertentu. Keterangan-keterangan ada dalam sebuah katalog adalah:

a. Nama lengkap serta gelar yang dimiliki oleh seorang pengarang atau orang tersebut dianggap sebagai pengarangnya.
b. Judul buku, di dalam judul buku berisis mengenai nama penerbin, tempat buku di terbitkan, tanggal terbit, dan copyright date nya.
c. Jumlah halaman pendahuluan dan juga isi halaman
d. Keterangan (notes)
e. Keterangan bibliografi
f. Nomor stambuk buku yang ditempatkan di pinggir bawah kartu.
g. Call-number buku ini ditulis sesuai dengan pembuatan awal buku tersebut.

Sejarah katalog

Berikut adalah sejarah singkat katalog, yaitu sebagai berikut: Kepustakawan katalogisasi adalah sebuah ketrampilan yang ada berabad-abad tahun yang lalu, katalog yang dibuat pertama kali adalah sebuah katalog yang berfungsi untuk senarai inventaris, setelah mengalami perkembangan katalog ini fungsinya diperluas lagi sebagai sarana untuk menemukan lokasi dari buku tersebut. Perkatalogan yang ada di ingris dan amerika berbeda dengan perkatalongan yang ada di daerah eropa dan juga belanda. Di Indonesia sendiri banyak menggunakan perkatalongan belanda Karena pada saat perkembangan perputakaan yang pertama kali ada di Indonesia sekitar abad 19 indonesia tengah dijajah oleh orang-orang belanda. Pertumbuhan pekatalongan sendiri awal-awalnya disusun oleh perorangan, nama-nama yang terkenal yang telah menyusun perkatalongan ini seperti brintsh museum yang menyusun rules for compliling of the catalogue dan Antonio panizzi, mereka memiliki pengaruh yang besar terhadap seluruh peraturan perkatalogan.

Bentuk katalog

Bentuk dari sebuah katalog pepustakaan mengalami perubahan dari masa ke masa, sehingga bentuk katalog dapat dikelompokkan sebagai berikut:

A. Katalog berbentuk kartu
Katalog berbentuk kartu merupakan katalog yang telah dari dulu digunakan di dalam perpustakaan.

B. Katalog abjad
Katalog abjad adalah katalog yang susunannya berdasarkan urutan abjat, urutanya disusun secara alfabetis dan urutan pertamanya adalah nama pengarang, subjek dan judul.

C. Katalog leksikal
Katalog lesikal akan berguna apabila kita ingin membaca sebuah buku yang di dalamnya membahas subjek yang sama, katalog leksikal ini berguna sebagai bahan pada saat melakukan penelitian atau pembuatan sebuah makalah. Dengan adanya katalog leksikan ini kita akan dapat mengatahui sebuah karya yang dikarang oleh beberapa pengarang namun judul yang mereka buat berbeda tetapi pokok yang dibahas memiliki kesamaan.

D. Katalog judul
Katalog judul akan digunakan saat buku yang kita cari hanya diketahui judulnya saja atau dapat juga digunakan ketika kita ingin mengetahui judul sebuah buku yang pengarangnya berbeda namun judul yang dibuat sama, katalog judul dapat mempermudah kita dalam mengetahui judul buku yang memiliki kesamaan namun pengrangnya yang berbeda.

E. Katalog susunan terpisah
Katalog susunan terpisah adalah sebuah katalog yang sebelumnya terbagi berdasarkan: subjek,judul,dan pengarang. Keseluruhan akan disusun berdasarkan abjad.

F. Katalog subjek
Katalog subjek tersusun atas nomer klasifikasi.

G. Katalog bentuk buku
Katalog bentuk buku memiliki kelemahan dan kelebihannya, kelebihan katalog buku adalah entri akan dapat dicari dengan cepat dan mudah, pencetakannya pun mudah dan letaknyapun tak harus khusus, serta dapat disebar luaskan.
Kelemahan katalog buku adalah modelnya sangat kuno dan mudah usang, bahkan biyaya katalog bentuk buku sangat mahal, padahal katalog harus diperbarui setiap buku baru datang.

H. Katalog bentuk bentuk mikro
Katalog bentuk buku atau dapat kita sebut dengan computer output microfom. Coputer output microfom ini dibuat dari salah satu mikrofis atau juga microfilm, katalog ini terbukti lebih murah apabila dibandingkan dengan katalog buku , dan juga pemeliharaan katalog ini jika di bandingkan dengan katalog kartu katalog bentuk mikro ini lebih murah.

I. Katalog komputer terpasang
Katalog komputer terpasang atau nama lainya adalah anline public access catalogue [OPAC], adalah jenis katalog baru dan beberapa perpustakaan sudah mengunakan katalog ini. katalog terpasang ini dianggap sebagai katalog terlues dan juga sangat bagus, beberapa keuntungan dari katalog komputer terpasang adalah:

a. Penelurusan dapat dilakukan secara serentak tanpa ada kendala dari salah satu katalog manapun.
b. Penelusuran dengan katalog ini dapat dilakukan dengan cepat dan juga hasilnya amat tepat.
c. Jajaran yang dianggap penting tidak perlu di file.
d. Rekaman bibliografi yang akan kita masukkan ke entri tidak memiliki batasan tertentu.
e. Penelusuran dapat kalian lakukan dari berbagai pendekatan secara langsung.

Fungsi katalog

Berikut ini beberapa fungsi katalog yaitu:
a. Mempermudah dalam menemukan sebuah dokumen yang ingin diketahui seperti: judul dan nama pengarangnya.
b. Dapat memepermudah saat memiliki dokumen berdasarkan edisi.
c. Dapat mengatasi keterbatasan susunan dalam dokumen dengan menggunakan pendekatan ganda.
d. Sebagai perwakilan yang sangat ringkas bagi sebuah dokumen atau sebuah bahan yang ada dalam perpustakaan tersebut.
e. Dapat dengan mudah menemukan koleksi yang lama tidak dibuka atau koleksi lama namun masih ada di dalam perpustakaan tersebut.
f. Mempermudah pengguna atau seseorang yang menggunakan jasa perpustakaan dalam menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat dan juga mudah.

Jenis katalog

Berikut ini adalahb eberapa jenis-jenis katalog antara lain.

1. Katalog penerbitan
katalog penerbitan atau katalog toko buku adalah sebuah daftar buku yang dijual belikan oleh para penerbit atau oleh sebuah toko buku. katalog penerbitan memiliki fungsi untuk mempromosikan karyanya agar dapat dikenal oleh orang banyak dan memiliki banyak peminat.

2. Katalog nasional
jenis katalog ini adalah sebuah katalog yang berfungsi untuk mendapatkan informasi data mengenai dokumen yang diterbitkan oleh suatu Negara dan kemudian disimpan di lokasi yang ditentukan. katalog ini mayoritas diterbitkan oleh perpustakaan nasional ya ng dimiliki oleh Negara.

3. Katalog induk
katalog induk adalah sebuah katalog yang berisi mengenai daftar buku yang ada di seluruh perpustakaan-perpustakaan yang melakukan sebuah kerja sama.

Sekian penjelasan yang dapat kami sampaikan saat ini semoga pengertian mengenai katalog ini dapat berguna dan bermanfaat untuk semuanya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian katalog, Bentuk, Fungsi dan Jenisnya