Situs kumpulan pengertian dan contoh artikel

Pengertian hedonisme, Dampak dan Contohnya

Pengertian hedonisme - Pada zaman yang modern ini tentunya kalian telah paham betul bawasannya banyak sekali atau sebagian besar orang menganggap bahwa si miskin dan si kaya sangatlah memiliki perbedaan yang Nampak. Terkadang perbedaan ini dianggap sebagai hal yang wajar, di dalam dunia perjodohan seorang pejabat akan menjodohkan anaknya dengan kalangan pejabat dengan anggapan bahwa apabila seorang anak pejabat yang menikah dengan anak pejabat maka kekayaannya akan semakin bertambah, pada dasarnya dunia modern mengenalkan kepada masyarakat luas bawasannya mencari uang atau sebuah kekayaan sangatlah penting banyak cara-cara yang ditawarkan di dalamnya, seperti bekerja menggunakan media hanphone sekarang ini telah menjadi pekerjaan yang banyak sekali digeluti oleh banyak orang. Berkaitan dengan uraian di atas ada pengertian yang memiliki keterkaitan di dalamnya yaitu hedonisme, kali ini kita juga akan membahas pengenai pengertian tersebut, berikut penjelasannya.


Pengertian hedonisme

Hedonisme pada pengertiannya iyalah sebuah etika atau gaya hidup seseorang dalam mencapai sebuah kebahagiaan juga kekayaan namun sifatnya sangat mendasar yaitu tujuan utama dan yang sangat dipentingkan dalam hidupnya adalah mencari kepuasaan semata, di dalam bahasa yunani hedonisme diartikan sebagai suatu kebahagiaan,kenikmatan,dan kesenangan, yang mana kesenangan ini haruslah diraih dan didapatkan oleh setiap individu. Pada dasarnya hedonisme sendiri juga memiliki falsafah etika yang menganggap bahwa  sebuah kesenangan tidak perlu dihindari dan setiap individu menyukai dan sangat menggemari dunia yang menyenangkan.

Orang- orang yang memiliki paham hedonisme akan membuat dirinya sebisa mungkin selalu bahagia, dengan cara apapun mereka akan lakukan, mereka tidak ingin merasakan yang namanya kesedihan atau penderitaan sedikitpun, apapun yang mereka anggap hal-hal yang akan membuat mereka senang maka mereka akan menganggap bahwa hal tersebut adalah hal yang harus mereka dapatkan dan hal baik yang harus mereka miliki juga lakukan.

Dampak hedonisme

Berikut ini adalah beberapa dampak yang akan ditimbulkan ketika seseorang memiliki etika atau sifat hedonisme.

1. Matrealistik
Adalah sebuah sifat seseorang hedonisme, mereka akan selalu ingin mendapatkan hal yang lebih-dan lebih, mereka akan merasa iri hati apabila melihat orang lain jauh lebih kaya dari dia, mereka selalu melihat segala hal dari uang dan kekayaan yang dimiliki seseorang.

2. Tidak bertanggung jawab
Mereka yang hedonisme selalu memikirkan hal-hal yang berbau kesenangan semata, mereka tidak memiliki rasa bertanggung jawab sama-sekali termasuk pada kehidupannya sendiri.

3. Masuk dalam pergaulan bebas
Mereka yang memiliki paham hedonisme akan sangat rawan terjerumus di dalam pergaulan dunia bebas, seperti perbuatan seks bebas, bermain sampai tak kenal waktu, karena pada seseorang yang mengikuti paham hedonisme sangat menyukai dunia malam.

4. Individualisme
Pada seseorang yang menganut paham hedonisme lebih mementingkan dirinya sendiri tanpa memikirkan orang lain, mereka merasa sudah bisa hidup tanpa orang lain, dan mereka menganggap orang lain tidak penting di dalam hidupnya, karena mereka merasa dirinya telah memiliki segalanya, dan dapat melakukan apapun dengan uang mereka.

5. Pemalas
Seorang hedonisme dianggap pemalas karena mereka tidak pernah menghargai waktu, mereka hanya melakukan sesuatu demi untuk mendapatkan kesenangan semata.

6. Boros
Seorang hedonisme sangatlah boros karena apa yang mereka beli adalah hal-hal yang tidak berguna atau membeli barang yang pernah mereka beli sebelumnya, pembelian barang-barang yang tidak berguna ini pada dasarnya adalah salah satu cara mereka untuk memperlihatkan kepada orang lain bahwa mereka kaya dan bisa membeli apapun yang mereka inginkan dengan mudah.

7. Diskriminasi
Adalah sifat yang mana seseorang tersebut membeda-bedakan status sosial seseorang berdasarkan drazat dan kedudukannya.

8. Mentalitas instan
Kurang kesadaran seseorang dalam menggunakan waktu,pergaulan dan komunitas.

9. Egois
Seseorang yang memiliki sifat hedonisme akan memiliki sifat yang sangat egois, dan selalu memikirkan keinginannya sendiri tanpa memikirkan apakah orang lain akan dirungikan atau tidak.

10. Berfoya-foya
Selalu menghambur-hamburkan uang untuk keperluan yang tidak pentinng.

11. Tidak memiliki kreatifitas
Mereka yang memiliki sifat hedonisme sering kali tidak memiliki kreatifitas sendiri, karena banyak hal yang mereka lalukan dengan meniru gaya orang lain dan menggantungkan hidupnya dengan bantuan orang lain dalam artian membayar orang lain untuk mengerjakan segala hal yang mereka butuhkan.

12. Tidak berfikir jauh ke depan
Seorang hedonisme tidak memiliki cita-cita yang pasti mereka hanya memikirkan hal yang saat ini mereka anggap dapat membuat mereka merasa bahagia

Contoh Hedonisme dikalangan remaja

Pada dasarnya virus hedonisme adalah virus yang menyerang semua kalangan dari kalangan remaja hinga kalangan dewasa. Pada remaja virus ini sangatlah mudah masuk dan diterima karena cara berfikir mereka yang masih awam dan tidak memiliki banyak kepentingan yang harus mereka fikirkan. Mereka juga menyukai hal-hal baru yang menyuguhkan banyak kesenangan juga kenikmatan, banyak remaja yang menginginkan hidup serba kecukupan tanpa memikirkan bagaimana cara yang tepat untuk memenuhi keinginan tersebut, namun mereka tidak ingin berusaha terlalu keras untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Apabila remaja tersebut tergolong di dalam remaja dari kalangan mampu maka seseorang tersebut dapat sangat mudah mendapatkan apa saja yang mereka inginkan, lalu bagaimana untuk remaja dari kalangan bawah, yang banyak terjadi adalah anak-anak yang merupakan anak dari kalangan tidak mampu akan melakukan hal-hal negative yang merugikan banyak pihak juga merugikan dirinya sendiri.

Lebih fatalnya lagi para remaja mengenyampingkan dunia pendidikan, dengan menganggap bahwa pendidikan tidaklah begitu penting yang mereka pentingkan hanyalah untuk bersenag-senang, apabila dijaman sekarang ini banyak remaja yang menjual diri untuk mendapatkan uang, banyak oknum yang menjual tes ujian yang akan diujikan untuk mendapatkan uang dan banyak kejadian-kejadian yang sebenarnya sangat merugikan remaja akibat dari hedonisme ini. Pada saat mereka melakukan hal-hal negative tersebut banyak yang tidak menyadari bahwa banyak hal-hal buruk yang sebenarnya akan mereka dapatkan atau mengancam mereka, seperti pada saat mereka menjual diri maka akan terjadi kemungkinan besar mereka terkena virus hiv karena berhubungan seks dengan berganti-ganti pasangan, tetapi pada saat mereka melakukan hal tersebut mereka hanya memikirkan uang dan kesenangan semata.

Itulah beberapa dampak hedonisme yang sebenarnya sangat merugikan apabila dilakukan dengan cara-cara yang salah.

sekian penjelasan kami kali ini mengenai hedonisme semoga bermanfaat bagi kalian semua, dan terimaksih atas kunjungannya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian hedonisme, Dampak dan Contohnya