Secara umum pengertian jasa ialah suatu tindakan atau pemberian kinerja yang tak kasat mata dari satu pihak ke pihak lain. Umumnya, jasa diproduksi maupun dikonsumsi secara bersamaan dimana adanya suatu interaksi pemberi jasa maupun penerima jasa yang dapat saling mempengaruhi hasil jasa tersebut. Pengertian jasa juga merujuk pada suatu aktivitas yang dapat diidentifikasikan dan direncanakan untuk mencapai pemenuhan kepuasan konsumen.
• Pengertian Jasa Menurut Adrian Pyne
Menurut Adrian Payne, jasa ialah suatu aktivitas ekonomi yang terdiri dari sejumlah elemen berupa nilai maupun manfaat yang saling terkait dengan sejumlah interaksi. Interkasi tersebut dilakukan dengan pelanggan namun tidak menimbulkan transfer kepemilikan
• Pengertian Jasa Menurut Christian Gronross
Christian Gronross mengungkapkan bahwa jasa ialah rangkaian proses yang terdiri dari kegiatan-kegiatan dan biasanya ditandai dengan adanya proses interaksi antara pelanggan dengan layanan karyawan atau sumber daya yang secara fisik menyediakan sistem untuk menyelesaikan permasalahan pelanggan.
• Pengertian Jasa Menurut Norman
Menurut Norman pengertian jasa merujuk pada suatu tindakan yang menimbulkan interaksi berupa kontak sosial antara produsen dan konsumen.
• Pengertian Jasa Menurut Kotler
Koltler menjelaskan pengertian jasa yakni setiap aktivitas atau tindakan kerja yang ditawarkan oleh satu pihak ke pihak lainnya. Secara prinsip tindakan kerja tersebut tidak berwujud dan mengakibatkan adanya perpindahan kepemilikan.
• Pengertian Jasa Menurut Zeithaml dan Bitner
Menurut Bitner dan Zeithami, pengertian jasa merujuk pada keseluruhan aktivitas ekonomi yang menghasilkan output selain produk. Dalam hal ini yang dimaksud output selain produk ialah produk yang dalam pengertian fisik dapat dikonsumsi maupun diproduksi secara bersamaan dengan tujuan memberikan nilai tambah pada produk tersebut. Bagi pembeli pertama, produk tersebut memiliki karakteristik tidak berwujud (intangible).
• Pengertian Jasa Menurut Djaslim Saladin
Menurut Djaslim Saladin, pengertian jasa ialah setiap kegiatan yang memberi manfaat dan keunggulan yang ditawarkan oleh suatu pihak ke pihak lain. Pada dasarnya memiliki karakteritik tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan sesuatu. Proses produksinya kemungkinan tidak berkaitan dengan produk fisik.
Berdasarkan beberapa pengertian jasa menurut para ahli di atas, pada dasarnya jasa mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
- Dapat memenuhi kebutuhan konsumen namun tidak berwujud.
- Dalam proses produksinya, jasa dapat menggunakan bantuan suatu produk fisik maupun tidak.
- Jasa tidak menimbulkan adanya pemindahan atau peralihan hak maupun kepemilikan.
- Terciptanya interaksi yang saling mempengaruhi antara penyedia jasa dan pengguna jasa.
• Tidak Berwujud (Intangibility)
Pengertian Jasa Menurut Para Ahli
Untuk lebih memahami tentang pengertian jasa, berikut ini kami kupas ulasan tentang pengertian jasa menurut para ahli:• Pengertian Jasa Menurut Adrian Pyne
Menurut Adrian Payne, jasa ialah suatu aktivitas ekonomi yang terdiri dari sejumlah elemen berupa nilai maupun manfaat yang saling terkait dengan sejumlah interaksi. Interkasi tersebut dilakukan dengan pelanggan namun tidak menimbulkan transfer kepemilikan
• Pengertian Jasa Menurut Christian Gronross
Christian Gronross mengungkapkan bahwa jasa ialah rangkaian proses yang terdiri dari kegiatan-kegiatan dan biasanya ditandai dengan adanya proses interaksi antara pelanggan dengan layanan karyawan atau sumber daya yang secara fisik menyediakan sistem untuk menyelesaikan permasalahan pelanggan.
• Pengertian Jasa Menurut Norman
Menurut Norman pengertian jasa merujuk pada suatu tindakan yang menimbulkan interaksi berupa kontak sosial antara produsen dan konsumen.
• Pengertian Jasa Menurut Kotler
Koltler menjelaskan pengertian jasa yakni setiap aktivitas atau tindakan kerja yang ditawarkan oleh satu pihak ke pihak lainnya. Secara prinsip tindakan kerja tersebut tidak berwujud dan mengakibatkan adanya perpindahan kepemilikan.
• Pengertian Jasa Menurut Zeithaml dan Bitner
Menurut Bitner dan Zeithami, pengertian jasa merujuk pada keseluruhan aktivitas ekonomi yang menghasilkan output selain produk. Dalam hal ini yang dimaksud output selain produk ialah produk yang dalam pengertian fisik dapat dikonsumsi maupun diproduksi secara bersamaan dengan tujuan memberikan nilai tambah pada produk tersebut. Bagi pembeli pertama, produk tersebut memiliki karakteristik tidak berwujud (intangible).
• Pengertian Jasa Menurut Djaslim Saladin
Menurut Djaslim Saladin, pengertian jasa ialah setiap kegiatan yang memberi manfaat dan keunggulan yang ditawarkan oleh suatu pihak ke pihak lain. Pada dasarnya memiliki karakteritik tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan sesuatu. Proses produksinya kemungkinan tidak berkaitan dengan produk fisik.
Berdasarkan beberapa pengertian jasa menurut para ahli di atas, pada dasarnya jasa mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
- Dapat memenuhi kebutuhan konsumen namun tidak berwujud.
- Dalam proses produksinya, jasa dapat menggunakan bantuan suatu produk fisik maupun tidak.
- Jasa tidak menimbulkan adanya pemindahan atau peralihan hak maupun kepemilikan.
- Terciptanya interaksi yang saling mempengaruhi antara penyedia jasa dan pengguna jasa.
Karakteristik Jasa
Tjiptono seorang ilmuwan Bidang Ekonomi mengungkapkan adanya lima karakteristik utama jasa, yakni:• Tidak Berwujud (Intangibility)
Lain halnya dengan barang yang berupa alat, objek maupun benda, jasa ialah suatu tindakan, perbuatan, proses, kinerja, pengalaman atau usaha. Jasa sangat khas dengan ciri-ciri antara lain tidak dapat dicium, diraba, didengar, dilihat maupun dirasa sebelum dibeli atau dikonsumsi. Badi calon pembeli, ketidakpastian dalam proses pembelian jasa biasanya lebih tinggi karena keterbatasan search qualities. Search qualities merujuk pada karakteristik yang secara fisik dapat dievaluasi pembeli sebelum proses pembelian dilakukan. Kualitas jasa umumnya belum diketahui oleh konsumen sebelum jasa yang bersangkutan dikonsumsi.
• Tidak Dapat Dipisahkan (Inseparability)
Umumnya barang melalui proses produksi lalu dijual dan dikonsumsi. Lain halnya dengan jasa yang umumnya melalui proses penjualan terlebih dahulu lalu diproduksi dan dikonsumsi di tempat dan waktu yang bersamaan.
• Berubah-Ubah (Variability / Heterogeneity)
Jasa memiliki karakteristik bersifat variabel karena bentuknya bervariasi. Demikian pula pada jenis dan kualitas jasa bergantung pada kapan, siapa dan dimana jasa tersebut diproduksi. Hal ini disebabkan oleh keterlibatan unsure manusia baik dalam proses produksi maupun konsumsi yang cenderung berhasil diprediksi dan cenderung bersifat tidak konsisten dalam perilaku atau sikapnya.
• Tidak Tahan Lama (Perishability)
Jasa tidak dapat disimpan dan tidak tahan lama. Misalnya: Kamar hotel yang tidak berpenghuni, kursi pesawat yang sebagian besar kosong maupun kapasitas jalur telepon yang tidak dipergunakan dengan baik akan hilang begitu saja.
• Akses Dalam Jangka Waktu Terbatas (Lack of Ownership Lack of ownership)
Akses dalam jangka waktu adalah perbedaan mendasar antara karakteristik barang dan jasa. Pada proses pembelian barang, konsumen mempunyai hak penuh atas manfaat atau kegunaan produk yang dibelinya. Mereka bisa menyimpan, mengkonsumsi lalu menjual barang tersebut. Lain halnya dengan jasa. Dalam pembelian jasa, pelanggan hanya memperoleh akses personal atas jasa tersebut dalam jangka waktu terbatas. Misalnya: jasa penginapan (kamar hotel), jasa penerbangan, pendidikan dan bioskop.
Jenis usaha ini meliputi banyak hal yang terdapat dalam sebuah rumah tangga
Contohnya: Jasa merawat kebun halaman rumah, menjual air minum, memperbaiki kerusakan rumah, mencuci baju dan pembersih rumah.
• Jasa Perumahan
Jasa perumahan meliputi penyewaan kamar hotel, kost-kostan dan apartemen.
• Jasa Rekreasi atau Hiburan
Jasa ini mencakup penyewaan semua alat yang berkaitan dengan suatu hiburan atau rekreasi. Misalnya: jasa sewa tempat untuk melakukan aktivitas liburan bersama keluarga tercinta.
• Jasa Perawatan Pribadi
Jasa ini meliputi perawatan kecantikan, salon, spa dan lain sebagainya.
• Jasa Kesehatan
Jasa ini mencakup segala hal yang berkaitan dengan keberlangsungan hidup manusia. Misalnya: perawatan bidan, rumah sakit dan puskesmas.
• Jasa Bisnis
Jasa ini meliputi aktivitas-aktivitas bisnis
Misalnya: Jasa akuntan, jasa marketing, jasa konsultan dan lain sebagainya.
• Jasa Komunikasi
Jasa ini mencakup pelayanan bidang komunikasi.
Misalnya: warnet, proses pengiriman fax, kantor pos dan lain sebagainya.
• Jasa Transportasi
Jasa Transportasi ialah jenis jasa yang sering didunakan saat kita bepergian ke suatu tempat. Misalnya: jasa angkutan darat, udara dan laut.
• Jasa Keuangan
Jasa keuangan ialah jasa yang sering digunakan dalam bidang keuangan
Misalnya: Jasa tabungan dan peminjaman di bank, jasa asuransi, leasing dan pajak.
• Jasa Pendidikan
Jasa Pendidikan ialah jenis jasa yang berperan dalam mendidik anak-anak bangsa untuk meningkatkan pengetahuan.
Contohnya: guru privat guru musik, guru mata pelajaran, guru les dan guru ngaji.
Bagaimana, sudah paham kan tentang pengertian jasa, karakteristik dan jenisnya? Semoga ulasan di atas membuka wawasan Anda tentang pengertian jasa dan kerakteristiknya dengan lebih jelas.
• Tidak Dapat Dipisahkan (Inseparability)
Umumnya barang melalui proses produksi lalu dijual dan dikonsumsi. Lain halnya dengan jasa yang umumnya melalui proses penjualan terlebih dahulu lalu diproduksi dan dikonsumsi di tempat dan waktu yang bersamaan.
• Berubah-Ubah (Variability / Heterogeneity)
Jasa memiliki karakteristik bersifat variabel karena bentuknya bervariasi. Demikian pula pada jenis dan kualitas jasa bergantung pada kapan, siapa dan dimana jasa tersebut diproduksi. Hal ini disebabkan oleh keterlibatan unsure manusia baik dalam proses produksi maupun konsumsi yang cenderung berhasil diprediksi dan cenderung bersifat tidak konsisten dalam perilaku atau sikapnya.
• Tidak Tahan Lama (Perishability)
Jasa tidak dapat disimpan dan tidak tahan lama. Misalnya: Kamar hotel yang tidak berpenghuni, kursi pesawat yang sebagian besar kosong maupun kapasitas jalur telepon yang tidak dipergunakan dengan baik akan hilang begitu saja.
• Akses Dalam Jangka Waktu Terbatas (Lack of Ownership Lack of ownership)
Akses dalam jangka waktu adalah perbedaan mendasar antara karakteristik barang dan jasa. Pada proses pembelian barang, konsumen mempunyai hak penuh atas manfaat atau kegunaan produk yang dibelinya. Mereka bisa menyimpan, mengkonsumsi lalu menjual barang tersebut. Lain halnya dengan jasa. Dalam pembelian jasa, pelanggan hanya memperoleh akses personal atas jasa tersebut dalam jangka waktu terbatas. Misalnya: jasa penginapan (kamar hotel), jasa penerbangan, pendidikan dan bioskop.
Jenis-Jenis Jasa dan Contohnya
• Jasa Usaha Rumah TanggaJenis usaha ini meliputi banyak hal yang terdapat dalam sebuah rumah tangga
Contohnya: Jasa merawat kebun halaman rumah, menjual air minum, memperbaiki kerusakan rumah, mencuci baju dan pembersih rumah.
• Jasa Perumahan
Jasa perumahan meliputi penyewaan kamar hotel, kost-kostan dan apartemen.
• Jasa Rekreasi atau Hiburan
Jasa ini mencakup penyewaan semua alat yang berkaitan dengan suatu hiburan atau rekreasi. Misalnya: jasa sewa tempat untuk melakukan aktivitas liburan bersama keluarga tercinta.
• Jasa Perawatan Pribadi
Jasa ini meliputi perawatan kecantikan, salon, spa dan lain sebagainya.
• Jasa Kesehatan
Jasa ini mencakup segala hal yang berkaitan dengan keberlangsungan hidup manusia. Misalnya: perawatan bidan, rumah sakit dan puskesmas.
• Jasa Bisnis
Jasa ini meliputi aktivitas-aktivitas bisnis
Misalnya: Jasa akuntan, jasa marketing, jasa konsultan dan lain sebagainya.
• Jasa Komunikasi
Jasa ini mencakup pelayanan bidang komunikasi.
Misalnya: warnet, proses pengiriman fax, kantor pos dan lain sebagainya.
• Jasa Transportasi
Jasa Transportasi ialah jenis jasa yang sering didunakan saat kita bepergian ke suatu tempat. Misalnya: jasa angkutan darat, udara dan laut.
• Jasa Keuangan
Jasa keuangan ialah jasa yang sering digunakan dalam bidang keuangan
Misalnya: Jasa tabungan dan peminjaman di bank, jasa asuransi, leasing dan pajak.
• Jasa Pendidikan
Jasa Pendidikan ialah jenis jasa yang berperan dalam mendidik anak-anak bangsa untuk meningkatkan pengetahuan.
Contohnya: guru privat guru musik, guru mata pelajaran, guru les dan guru ngaji.
Bagaimana, sudah paham kan tentang pengertian jasa, karakteristik dan jenisnya? Semoga ulasan di atas membuka wawasan Anda tentang pengertian jasa dan kerakteristiknya dengan lebih jelas.