Situs kumpulan pengertian dan contoh artikel

Pengertian Komunikasi, Prinsip Dasar dan Unsur-Unsurnya

Komunikasi menjadi aktivitas yang selalu dilakukan oleh semua orang dan tanpa disadari komunikasi menjadi kebutuhan dan modal utama bagi Anda untuk dapat hidup dan berinteraksi ditengah masyarakat.
Pengertian Komunikasi, Prinsip Dasar dan Unsur-Unsurnya

Secara alami, pada saat manusia dilahirkan maka hal pertama yang akan dilakukan dan dipelajarai adalah komunikasi dalam bentuk yang sederhana. Seperti bayi yang belum berbicara akan berkomunikasi dengan orang disekitarnya dengan cara menangis sebagai cara untuk memberitahu kepada orang disekitarnya bahwa dia membutuhkan sesuatu. Untuk dapat memahami komunikasi lebih dalam, berikut penjelasan lebih dalam mengenai pengertian komunikasi, prinsip dasar dalam komunikasi dan unsur dalam komunikasi.

Pengertian Komunikasi

Istilah komukasi berasal dari bahasa latin yaitu Communis ynag artinya membuat kebersamaan antara dua orang atau lebih. Selain itu, dalam bahasa latin komunikasi disebut dengan Communico yang artinya adalah membagi.

Pengertian komunikasi menurut Harold D. Lasswell adalah komunikasi sebagai suatu cara untuk menjelaskan tindakan yang sedang dilakukan dengan memberikan pertanyaan yaitu “siapa yang menyampaikan pesan atau informasi, pesan atau informasi apa yang sedang disampaikan, melalui saluran apa pesan atau informasi tersebut disampaikan, kepada siapa pesan tersebut akan atau ingin disampaikan dan apa pengaruhnya kepada orang yang menerima pesan atau informasi tersebut”.

Sementara itu Everett M. Rogers seorang pakar Sosiologi Pedesaan Amerika memberikan pengertian komunikasi sebagai sebuah proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada satu penerima atau lebih dengan tujuan untuk mengubah tingkah laku dari si penerima pesan.

Berdasarkan pengertian komunikasi dari kedua definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa komunikasi adalah sebuah proses pertukaran pesan antara pengirim pesan ( komunikator ) kepada penerima pesan ( komunikan ) melalui sebuah media bisa berpa telephone, email dan sebagainya, dengan tujuan untuk menyampaikan pesan yang diharapkan akan mengubah tingkah laku dari penerima pesan ( komunikan ).

Prinsip Dasar Komunikasi

Komunikasi dapat digambarkan sebagai dua buah lingkaran yang saling bertindihan satu dengan yang lain, dimana dalam komunikasi daerah yang bertindihan disebut dengan kerangka pengalaman atau field of experience yang menunjukan bahwa komunikasi hanya dapat terjadi apabila pihak yang melakukan komunikasi yaitu A dan B harus memiliki kesamaan dalam hal tertentu misalnya kesamaan bahasa, latar belakang pendidikan, agama dan sebagainya.

Berdasarkan gambar tersebut dapat disimpulkan bahwa komunikasi hanya dapat terjadi apabila memenuhi tiga prinsip dasar, yaitu

1. Komunikasi hanya bisa terjadi apabila terdapat pertukaran pengalaman yang sama antar pihak yang terlibat dalam proses komunikasi yang disebut dengan sharing similar experiences.

2. Apabila daerah tumpang tindih ( field of experience ) membesar bahkan sampai menutupi antara lingkaran A dan B dan menuju terbentuknya lingkaran ketiga diantara A dan B maka semakin besar kemungkinan bahwa komunikasi dapat terjadi.

3. Namun sebaliknya, apabila daerah tumpang tindih semakin mengecil bahkan sampai menjauhi lingkaran A dan B dan cenderung mengisolasi lingkaran masing-masing maka kemungkinan komunikasi yang terjadi hanya bersifat terbatas dan besar kemungkinan komunikasi yang terjadi akan mengalami kegagalan dalam terciptanya suatu proses komunikasi yang efektif.

Unsur-Unsur Dalam Komunikasi

Sebuah komunikasi yang terjadi baik itu komunikasi yang dilakukan secara efektif maupun komunikasi yang terjadi secara tidak efektif akan mengandung tujuh unsur didalamnya.

1. Sumber
Komunikasi hanya bisa terjadi apabila melibatkan sumber sebagai pembuat atau pengirim informasi ( komunikator ). Sumber bisa terdiri dari satu orang atau lebih tetapi sumber juga bisa dalam bentuk kelompok seperti partai politik, organisasi atau lembaga. Dalam komunikasi sumber disebut sebagai komunikator atau dalam bahasa Inggris disebut dengan source, sender atau decoder.

2. Pesan
Dalam sebuah proses  komunikasi harus ada pesan atau informasi yang disampaikan dari pengirim kepada penerima pesan. Pesan dapat disampaikan secara langsung dengan bertatap muka atau melalui media komunikasi seperti telephone, televisi, internet dan sebagainya. Dalam bahasa Inggris pesan diterjemahkan sebgai message, content atau information.

3. Media
Media adalah alat yang digunakan untuk mengirimkan pesan dari pengirim kepada penerima pesan seperti media elektronik (televisi, radio), media cetak (koran dan majalah) dan media internet (medial sosial seperti Instagram, twitter dan facebook).

4. Penerima
Penerima adalah orang yang menerima atau menjadi sasaran pesan yang dikirim oleh pengirim atau sumber. Penerima pesan bisa ditunjukan kepada satu orang atau lebih dari satu orang yang biasanya pesan akan ditunjukan untuk kelompok, partai atau negara tertentu. Penerima menjadi elemen penting dalam sebuah proses komunikasi karena penerima adalah tujuan atau alasan kenapa komunikasi tersebut dilakukan.

Dalam istilah komunikasi, penerima disebut dengan khalayak, sasaran, komunikan. Sedangkan dalam bahasa Inggris penerima disebut dengan audience atau receiver.

5. Efek
Efek atau pengaruh menjelaskan mengenai apa yang yang dipikirkan, dirasakan dan dilakukan oleh si penerima pesan sebelum dan sesudah menerima pesan tersebut. Pengaruh bisa terjadi pada pengetahuan, sikap dan tingkah laku dari si penerima pesan. Pengaruh juga bisa diartikan sebagai perubahan atau penguatan keyakinan pada pengetahuan, sikap, dan tindakan seseorang sebagai efek atau akibat dari menerima pesan.

6. Umpan Balik
Umpan balik bukanlah sesuatu yang menjelaskan mengenai umpan balik atau pengaruh yang berasal dari penerima pesan. Umpan balik lebih menjelaskan kepada unsur lain seperti pesandan media. Misalnya seperti dalam proses penyampaian pesan menggunakan telephone mengalami gangguan pada sinyal sehingga suara menjadi tidak jelas sehingga hal tersebut akan mendapatkan tanggapan balik dari si pemenerima pesan kepada pengirim pesan seperti meminta untuk mengulang kembali apa yang disampaikan.

7. Lingkungan
Lungkungan menjelaskan mengenai hal tertentu yang akan mempengaruhi berjalannya komunikasi. Lingkungan dapat dikelompokan menjadi empat macam yaitu lingkungan fisik, lingkungan sosial budaya, dimensi psikologi serta dimensi waktu.

Lingkungan fisik menjelaskan bahwa proses komunikasi hanya bisa berjalan dan terjadi apabila tidak adanya rintangan fisik karena seringkali yang menyebabkan komunikasi menjadi sulit untuk dilakukan karena jarak yang terlalu jkauh dengan fasilitas yang tidak memadai seperti jaringan telephone dan internet.

Lingkungan sosial menjelaskan tentang faktor sosial budaya, ekonomi dan politik yang bisa menjadi salah satu kendala terjadinya komunikasi misalnya perbedaan bahasa, budaya, kepercayaan.

Dimensi psikologi berbicara mengenai pertimbangan kejiwaan yang digunakan dalam berkomunikasi. Seperti pemelihan kata atau kalimat yang mungkin saja secara tidak langsung dan tidak disadari oleh pengirim pesan dapat menyinggung perasaan dari penerima pesan

Sedangkan dimensi waktu menunjukan situasi yang tepat dalam melakukan kegiatan komunikasi. Proses komunikasi bisa saja menjadi tertunda karena adanya perbedaan waktu seperti perbedaan waktu antara Indonesia dengan Amerika.

Nah, sekarang sudah paham kan tentang pengertian komunikasi? Komunikasi dapat dikatakan sebagai salah satu kunci yang menentukan keberhasilan atau kegagalan seseorang dalam mencapai sesuatu sehingga bisa disimpulkan bahwa yang terjadi saat ini dan dimasa yang akan datang akan sangat ditentukan oleh kemampuan berkomunikasi.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Komunikasi, Prinsip Dasar dan Unsur-Unsurnya